OTOBIOGRAFI

Sebagai penulis biografi edukatif (www.biografiedukatif.wordpress.com), tentu saya tak pernah melupakan lekuk liku perjalanan hidupku sendiri. Berikut ini adalah draft kasar otobiografiku sendiri yang masih terus dalam proses pembuatan dan penyempurnaan. Mungkin, nanti kalau aku sudah berumur 120 tahun – he he he – baru dibukukan. Dulu, nabi Musa masih sehat, bugar, dan cerdas sampai hari wafatnya di umur 120 tahun!

Nama lengkapku waktu aku kecil adalah Raden Haryadi Baskoro. Gelar Raden aku peroleh dari ayah dan kakek (ayahnya ayah). Pada masa kecil, aku bangga dengan gelar itu. Namun sejak remaja tidak lagi, karena ada tokoh Pak Raden dalam film ”Unyil” yang menurutku saat itu mewakili kehidupan kuno yang tidak modern. Maka sejak masa SMP sampai dewasa, aku jarang memakai gelar itu. Bahkan, saat remaja, tiap kali ditanyai apa arti singkatan ”R” di depan nama saya, saya menjawab, ”Oh, itu Robert, he he he!”

Namun sekarang setelah saya benyak berkiprah dan berkarya di bidang budaya, terkadang saya memakai kembali gelar itu. Bahkan dalam konteks-konteks tertentu, gelar itu memberi akses dan legitimasi bagi kiprah dan karyaku di bidang kebudayaan.

MASA TAMAN KANAK-KANAK

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s